Selasa, 10 Desember 2019

Mencegah Penuaan Dini, Kamu Wajib Punya 4 Produk Skincare Ini

Tanda penuaan dini dapat dicegah dengan dukungan beberapa produk skincare.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Anthony Tran)
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Anthony Tran)

Dewiku.com - Meski menua pasti terjadi seiring bertambah usia, masih ada banyak cara untuk mengurangi dan mencegah penuaan dini. Salah satunya melalui rutinitas penggunaan produk skincare dengan kandungan tertentu.

Beberapa tanda penuaan dini di antaranya munculnya bintik hitam, kulit mengendur, dan kerutan. Di sisi lain, penuaan pada kulit wajah juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan, termasuk kebiasaan merokok serta paparan langsung sinar matahari dan polusi.

Melansir Hellosehat , menurut American Academy of Dermatology, mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan mengurangi paparan sinar matahari, makan makanan sehat, berhenti merokok, dan cukup tidur. Selain itu, dibutuhkan pula perawatan kulit dengan produk antiaging, antara lain:

1. Sunscreen

Sinar matahari yang terdiri atas UVA dan UVB diketahui bisa menyebabkan penuaan dini dengan menimbulkan perubahan tekstur kulit dan pigmentasi yang tidak merata.

Sebagai perlindungan, Anda butuh sunscreen atau tabir surya. Produk ini bakal menyaring radiasi ultraviolet sehingga paparannya menjadi lebih kecil.

Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF (sun protecting factor) minimal 30. Pilih juga yang mengandung bahan seperti Avobenzone, benzophenones, sinamat, serta salisilat. Oleskan setiap dua jam sekali agar sunscreen bekerja maksimal.

Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)
Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)

2. Pelembap wajah

Fungsi produk skincare satu ini bukan cuma menjaga kelembapan kulit, melainkan juga bisa membuat kulit Anda tetap kenyal.

Selain kandungan lactic acid, emollient dan air, pelembap yang baik juga dilengkapi vitamin, termasuk vitamin A, E, dan C, yang mampu merangsang produksi kolagen. Sifat antioksidan dari vitamin tersebut juga bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Biar efektif, gunakan pelembap sesering mungkin, bukan cuma setelah mandi. Usahakan pakai pelembap setiap kali setelah Anda membasuh wajah untuk mencegah kulit jadi kering.

3. Krim atau serum antikerutan

Anda juga membutuhkan menggunakan krim antikerut, bisa juga yang berbentuk losion atau serum. Sebenarnya, krim ini juga termasuk golongan pelembap tapi dilengkapi bahan-bahan aktif yang bisa meningkatkan warna kulit, menjaga tekstur kulit tetap kenyal, dan mencegah terbentuknya garis halus maupun kerutan.

Beberapa bahan aktif yang terkandung di antaranya adalah retinol, vitamin C, alpha hydroxy acids (AHAs), atau niacinamide (vitamin B3). Gunakan 1-2 kali sehari setelah kulit dibersihkan.

Mencegah Penuaan Dini, Kamu Wajib Punya 4 Produk Skincare Ini - 2
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

4. Krim mata

Produk perawatan kulit lain yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan dini adalah krim mata. Pasalnya, kulit area mata biasanyapaling cepat menunjukkan garis-garis halus yang membuat wajah terlihat lebih tua.

Krim mata bertugas layaknya pelembap, yaitu menghidrasi kulit sekitar mata. Perlu diketahui, kulit kering sangat rentan menciptakan kerutan. Jadi dengan menjaga keseimbangan air di kulit, kulit tidak kering dan tentu mencegah munculnya kerutan.

Kandungan krim mata tak beda jauh dengan krim antikerut pada umumnya, yakni retinol, vitamin, dan hyaluronic acid. Namun, bahannya diformulasikan lebih aman untuk kulit sekitar mata yang lebih tipis dan sensitif.

Terkait

Terkini