Jum'at, 13 Desember 2019

Efektif Hilangkan Bulu, Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan Selama Ini

Apakah Anda pernah mencoba metode perawatan laser hair removal?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)

Dewiku.com - Menghilangkan bulu halus, baik itu pada ketiak, atas bibir, kaki, atau bahkan area genital, dengan laser hair removal dinilai lebih efektif daripada cukuran biasa atau waxing. Perawatan tubuh ini juga diklaim memberikan efek yang lebih lama.

Melansir Hellosehat, laser hair removal efektif menghilangkan bulu di badan langsung sampai ke folikel atau akarnya. Cara ini dapat dilakukan untuk bagian tubuh mana pun, selagi rambut tersebut tidak pirang atau berwarna terang.

Metode ini menggunakan tembakan sinar laser yang dipancarkan langsung menuju pigmen atau sel pewarna rambut, lalu diubah menjadi energi panas untuk diteruskan ke folikel rambut. Folikel rambut yang terkena panas akan rusak atau hancur sehingga rambut perlahan akan berhenti tumbuh.

Walau begitu, laser hair removal tidak memberikan hasil instan. Anda mungkin butuh lebih dari satu kali sesi perawatan demi hasil optimal.

Beberapa klinik kecantikan bahkan menyarankan melakukannya paling tidak 6-12 kali demi hasil terbaik. Jeda antar sesi biasanya berkisar 4-6 minggu.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Lalu, berapa lama efek laser hair removal dapat bertahan? Ternyata, itu berbeda-beda setiap orang.

Jika folikel rambut hancur sepenuhnya, pertumbuhan rambut akan terhenti secara permanen. Namun, kalau yang terkena sinar laser sekadar rusak, rambut bisa tumbuh kembali tapi biasanya akan lebih halus dengan warna lebih pudar pula.

Meksi demikian, pertumbuhan rambut tetap dipengaruhi banyak faktor, mulai dari hormon, jenis rambut, warna kulit, hingga siklus pertumbuhan rambut.

Ilustrasi perawatan kaki. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan kaki. (Shutterstock)

Sebagian orang mungkin mengalami pertumbuhan rambut lebih cepat setelah perawatan laser hair removal. Namun, sebagian lainnya bisa jadi memang mengalami fase pertumbuhan rambut yang lebih lambat dalam beberapa bulan.

Terkait

Terkini