Sabtu, 14 Desember 2019

Produksi Kolagen Tak Cuma dari Suplemen, Konsumsi Bahan Berikut

Salah satu yang ampuh meningkatkan produksi kolagen adalah lidah buaya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Perawatan kulit menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan kulit menggunakan pelembab. (Shutterstock)

Dewiku.com - Kolagen digadang-gadang menjadi salah satu zat krusial untuk membuat kulit awet muda. Maka dari itu, tidak heran banyak wanita mengonsumsi suplemen kolagen.

Walau demikian, zat ini bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Seperti dilansir dari Healthline, berikut cara alami untuk mendukung produksi kolagen di dalam tubuh kita.

1. Lidah buaya

Lidah buaya bisa dioleskan langsung ke kulit dalam bentuk murni, atau dalam bentuk banyak produk di pasaran yang mengandungnya. Aloe vera dapat merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan produksi kolagen di kulit.

2. Makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk sintesis hyaluronic acid. Hyaluronic acid bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia.

Makanan seperti jeruk, paprika merah, kangkung, kubis Brussel, brokoli, dan stroberi, semuanya kaya kandungan vitamin C.

Produksi Kolagen Tak Cuma dari Suplemen, Konsumsi Bahan Berikut - 1

3. Ginseng

Studi telah menunjukkan kemampuan ginseng untuk melindungi kulit terhadap kerusakan sinar UVB dari matahari. Saat tubuh mendapat suplemen atau minum teh yang mengandung ginseng, antioksidan akan dilepaskan ke aliran darah sehingga mampu melindungi sel-sel sehat dan berkontribusi untuk kulit bercahaya.

4. Ketumbar

Cilantro yang juga dikenal sebagai daun ketumbar mengandung vitamin C yang sudah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen. Asam linolenat di dalamnya mengandung antioksidan yang melawan ancaman radikal bebas dalam aliran darah.

Ekstrak Cilantro bisa dibeli dan dikonsumsi secara oral sebagai agen detoksifikasi.

Ilustrasi perawatan kulit. [Shutterstock]
Ilustrasi perawatan kulit. [Shutterstock]

5. Alga

Bahan tanaman laut pun semakin populer digunakan dalam produk skincare. Alga mampu mencegah oksidasi dan memproduksi kolagen kulit. Alga tersedia di sebagian besar toko makanan kesehatan dalam bentuk suplemen oral.

Terkait

Terkini