Jum'at, 13 Desember 2019

Tak Cuma Enak Dimakan, Kimchi Ampuh Atasi Kebotakan

Menurut studi, kimchi punya efek pada pertumbuhan rambut.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi kimchi. (Pixabay)
Ilustrasi kimchi. (Pixabay)

Dewiku.com - Kimchi dikenal sebagai salah satu kudapan tradisional Korea. Rupanya di balik kelezatannya, kimchi juga bisa menjadi jawaban bagi orang-orang yang menghadapi kebotakan.

Seperti dilansir dari Next Shark, hal itu diungkapkan dalam sebuah studi baru Korea Selatan. Kimchi dilaporkan mengandung sifat yang kabarnya bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Kimchi sendiri terbuat dari kubis fermentasi dicampur dengan rempah-rempah pilihan. Ilmuwan Korea Selatan di Universitas Dankook telah menemukan bahwa minuman kimchi lokal di Korea Selatan sudah membantu menebalkan dan bahkan membantu mereka menumbuhkan rambut baru dalam beberapa pekan.

Dalam studi itu, sebanyak 23 pria dalam berbagai tahap rambut rontok diinstruksikan untuk minum jus kimchi sebelum sarapan dan sebelum tidur selama empat bulan.

Jumlah rata-rata rambut telah meningkat dari sekitar 85 helai per sentimeter persegi kulit kepala menjadi 90 helai hanya pada bulan pertama. Empat bulan minum cairan kimchi, pertumbuhan rambut meningkat menjadi 92 rambut per sentimeter persegi.

Tak Cuma Enak Dimakan, Kimchi Ampuh Atasi Kebotakan - 1
Ilustrasi kimchi yang tak hanya lezat, tapi juga disebut ampuh mengatasi kebotakan. (Shutterstock)

Menurut para ilmuwan, pertumbuhan itu menunjukkan peningkatan yang signifikan sehingga bakal mengatasi kerontokan rambut pada sebagian besar pria.

Diterbitkan dalam World Journal of Men's Health, studi ini menyoroti dampak temuan pada pengobatan masa kini yang telah diketahui menyebabkan efek samping merugikan.

"Kami menemukan kimchi bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan membalikkan kebotakan. Ini adalah strategi perawatan yang lebih aman bagi pasien," ujar tim peneliti.

Ilustrasi kebotakan, rambut rontok atau kerontokan rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi kebotakan katanya bisa diatasi dengan rutin menyantap kimchi. (Shutterstock)

Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa kimchi serta makanan fermentasi lainnya bisa membantu mengurangi kecemasan pada kaum muda.

Terkait

Terkini