Rabu, 21 Agustus 2019

Cuma di Rumah Seharian, Ini Alasan Sunscreen Tak Seharusnya Diabaikan

Tetap wajib pakai sunscreen walau hanya beraktivitas di dalam ruangan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tabir surya atau sunscreen sudah menjadi produk perawatan kulit yang wajib digunakan sebelum keluar rumah guna mengurangi risiko dampak negatif paparan sinar matahari. Nah, bagaimana jika seharian kita cuma berada di dalam ruangan?

Saat merasa cuaca mendung dan redup, Anda mungkin berpikir tidak apa-apa mengabaikan sunscreen. Begitu pula kalau aktivitas Anda hanya di rumah atau kantor seharian.

Namun, nyatanya sunscreen harus tetap dipakai. Walau tidak terpapar secara langsung, sinar UV tetap bisa masuk ruangan melalui sela-sela kaca, pintu, maupun jendela, bahkan ketika cuaca mendung sekalipun.

Mengutip Hellosehat, sinar UV, baik UVA maupun UVB, membawa efek yang buruk bagi kulit. Bahaya sinar UVA di antaranya mempercepat munculnya tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam akibat hiperpigmentasi.

Efek paparan sinar UVB mungkin tidak separah itu. Panjang gelombang sinar UVA cenderung lebih kecil sehingga tak mampu menembus masuk ke dalam rumah seperti sinar UVA. Namun, dia adalah penyebab utama masalah sunburn.

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Oleh karena itu, tak ada salahnya selalu mencegah kemungkinan buruk dari efek kedua sinar UV tersebut dengan menggunakan sunscreen walau berada di dalam ruangan sepanjang hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan ACP Journal Wise memaparkan dampak positif rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya. Nyatanya, kebiasaan itu dapat menekan risiko penuaan dan juga kanker kulit.

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

Jika Anda masih merasa malas untuk mengaplikasikan sunscreen, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun hanya berada di kantor atau rumah seharian, belum terlambat untuk memulainya lebih rutin dari sekarang. Setidaknya Anda bisa menekan risiko terjadinya kanker kulit maupun permasalahan kulit lainnya di masa mendatang.

Terkait

Terkini