Sabtu, 14 Desember 2019

Tips Membersihkan Wajah, Lebih Baik Pakai Air Hangat atau Dingin?

Suhu air ternyata juga perlu dipertimbangkan saat membersihkan wajah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Membersihkan wajah secara rutin merupakan hal wajib dalam rangkaian perawatan kecantikan. Selain memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan, suhu air yang dipakai untuk membasuh wajah juga perlu dipertimbangkan.

"Air dingin sangat baik untuk kulit," tutur Kay Greveson, praktisi kesehatan dan kecantikan di Regents Park Aesthetics, seperti dikutip dari Women’s Health Magazine via Hellosehat.

Paparan air dingin pada kulit mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat kulit jadi lebih bersinar. Air dingin juga membantu menyempitkan kapiler guna menghilangkan kemerahan akibat peradangan.

"Air dingin bisa mengunci suhu inti, menyusutkan pori-pori, dan membantu meningkatkan tekstur dan penampilan kulit," imbuh Dr. Michael Barnish, dokter estetika di Dr. Jonquille Chantrey Clinic.

Di sisi lain, mencuci muka dengan air hangat bisa melancarkan sirkulasi darah di wajah. Ini memungkinkan darah dan nutrisi tersalurkan dengan baik ke seluruh sel-sel kulit serta menjaga kulit tetap sehat.

cuci muka
Cuci muka. (Shutterstock)

Selain itu, paparan air hangat akan merelaksasi otot-otot di sekitar wajah dan membantu melebarkan pori-pori kulit sehingga semakin mudah untuk dibersihkan.

Lalu, mana yang lebih baik? Cuci muka dengan air hangat atau air dingin saja?

American Academy of Dermatology lebih menyarankan untuk cuci muka dengan air hangat, terlebih saat membersihkan wajah. Namun, Anda tetap harus menghindari air dengan suhu panas untuk mencuci muka.

Air panas bisa menghilangkan zat lemak atau keratin yang berfungsi menahan air. Akibatnya, keratin akan rusak dan gagal mengunci kelembapan di lapisan kulit terluar serta menyebabkan kulit kering.

Pria membersihkan wajah. (Shutterstock)
Pria membersihkan wajah. (Shutterstock)

Nah, manfaat air dingin yang telah disebutkan di atas akan lebih efektif jika dilakukan selama 15 detik dengan cara mengalirkan air dingin ke wajah.

Hanya saja, air dingin mungkin lebih cocok untuk membasuh muka saat Anda merasakan kantuk, bukan membersihkan wajah. Sensasi dinginnya bakal membuat wajah dan mata lebih segar.

Terkait

Terkini