Selasa, 10 Desember 2019

Biar Lebih Efektif, Face Oil Mending Dipakai Sebelum atau Sesudah Pelembap?

Kapan waktu terbaik menggunakan face oil?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Borage seed oil termasuk jenis face oil yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan. (Pexels/Mareefe)
Borage seed oil termasuk jenis face oil yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan. (Pexels/Mareefe)

Dewiku.com - Tak cuma rajin membersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan toner wajah, banyak juga perempuan yang telah melengkapi rutinitas perawatan wajah dengan face oil.

Namun, mungkin selama ini masih banyak yang bingung tentang urutan pemakaiannya. Idealnya, face oil digunakan sebelum atau setelah pelembap saja, ya?

Face oil punya banyak manfaat. Dilansir dari Hellosehat, beberapa manfaat face oil antara lain melembapkan kulit, mencegah munculnya keriput maupun tanda penuaan dini lain, hingga meredakan kemerahan pada kulit yang meradang.

Lalu, kapan sebaiknya menggunakan face oil? Pada dasarnya, urutan pakai face oil bisa diletakkan sebelum maupun setelah pelembap. Namun, hal ini tetap harus disesuaikan kembali dengan kandungan pada oil dan pelembap, serta tipe kulit Anda.

Pakai face oil sebelum pelembap
 
Masih melansir Hellosehat, jika jenis face oil itu bertekstur ringan, Anda bisa menggunakannya sebelum pelembap. Dengan begitu, kandungannya akan lebih mudah menyerap sehingga tak butuh waktu lama untuk beralih ke pemakaian produk selanjutnya.

Neem oil, salah satu jenis face oil yang bermanfaat bagi perawatan kecantikan. (Shutterstock)
Neem oil, salah satu jenis face oil yang bermanfaat bagi perawatan kecantikan. (Shutterstock)

Pemakaian sebelum pelembap juga bisa dilakukan ketika face oil tidak punya kandungan atau manfaat tertentu alias cuma berfungsi melembapkan kulit.

Anda juga sebaiknya menggunakan face oil terlebih dahulu apakah produk pelembap Anda mengandung SPF. Tujuannya, agar pelembap dapat mengunci semua produk yang sudah Anda gunakan di wajah sebelumnya secara perlahan.

Pakai face oil setelah pelembab

Face oil yang dipakai setelah pelembap merupakan jenis oil bertekstur berat atau heavy oil. Jika Anda memiliki tipe kulit sangat kering bahkan cenderung dehidrasi, sebaiknya penggunaan face oil disisipkan setelah pelembap sehingga tak akan merusak pelembap yang sudah dioleskan di wajah.

Kiwi oil termasuk jenis face oil yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan. (Pexels/Mareefe)
Kiwi oil termasuk jenis face oil yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan. (Pexels/Mareefe)

Selain membantu mengunci semua produk skincare yang telah dipakai sebelumnya, face oil dengan tekstur berat ini juga lebih sulit menyerap di kulit. Jadi seandainya digunakan sebelum pelembap, otomatis akan butuh waktu lama untuk menunggunya terserap dengan sempurna.

Namun terlepas dari semua aturan itu, Anda disarankan untuk selalu membaca keterangan penggunaan produk yang ada pada kemasan face oil. Umumnya, ada aturan penggunaan yang dicantumkan untuk membantu memudahkan Anda dalam mendapatkan manfaat optimal face oil.

Anda juga bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai kandungan di dalam face oil tersebut. Kenali apakah face oil yang akan digunakan itu termasuk golongan yang bertekstur ringan atau berat.

Terkait

Terkini