Selasa, 23 Juli 2019

Sakit demi Cantik, Begini Perjuangan Pasien Operasi Kelopak Mata Ganda

Cukup banyak artis Korea yang menjalani operasi kelopak mata ganda untuk menunjang penampilannya.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Perempuan dengan kelopak mata ganda. (Unsplash/Peter Nguyen)
Perempuan dengan kelopak mata ganda. (Unsplash/Peter Nguyen)

Dewiku.com - Blepharoplasty atau operasi kelopak mata ganda merupakan prosedur estetika populer di Taiwan, Korea Selatan, dan negara-negara Asia Timur lain. Mereka yang lahir dengan monolid dibantu untuk mendapatkan kelopak mata dengan lipatan yang terlihat, yakni double eyelid atau kelopak mata ganda.

Melansir Koreaboo, sebuah klinik di Korea Selatan dilaporkan sudah melakukan operasi lebih dari 10 ribu kali pada 2015 lalu. Saat mempertimbangkan operasi kelopak mata ganda, pasian pertama-tama akan pergi ke spesialis dan membuat 'desain' mata yang diinginkan.

Langkah awal ini sangat penting. Bagaimanapun, setiap orang punya bentuk mata dan harapan yang berbeda terhadap operasi plastik.

Saat proses operasi, dokter akan mengukur lipatan ideal setelah pasien dibius. Setelah dokter menggambar desain pada kelopak mata, pasien menerima anestesi lokal.

Obat penenang pasien bisa hilang saat itu atau mereka akan terus tidur sepanjang prosedur, tergantung dosis yang diberikan dokter. Namun setelah anestesi lokal diberikan, dokter dengan hati hati akan menyayat garis desain dengan pisau bedah dan mengambil kulit dari area itu.

Ilustrasi operasi kelopak mata. (Shutterstock)
Ilustrasi operasi kelopak mata. (Shutterstock)

Selanjutnya, mereka akan menghilangkan lemak dan jaringan ekstra. Dokter kemudian menempelkan kulit dan otot kelopak mata dengan jahitan guna menciptakan lipatan.

Jahitan terakhir menandakan operasi kelopak mata ganda selesai. Pasien dapat membuka mata mereka segera setelah itu dan seluruh prosedur disebut hanya butuh waktu 30 menit hingga sejam.

Namun sebagai efek operasi, mata pasien bakal terlihat membengkak. Mereka perlu menjaga area itu dari infeksi dan mengompresnya dengan es untuk mengurangi pembengkakan. Pasien sering kali juga mengalami memar.

Jahitan dapat dilepas sekitar lima hingga tujuh hari setelah prosedur. Dalam waktu dua hingga empat minggu kemudian, pembengkakan dan memar akan hilang dan mata pasien akan terlihat alami kembali.

Kyuhyun Super Junior. (Instagram/@gyuram88)
Kyuhyun Super Junior. (Instagram/@gyuram88)

Operasi kelopak mata ganda banyak dilakukan oleh artis Korea. Bisa dibilang, ini adalah prosedur operasi plastik paling umum di Asia, bahkan mantan presiden Korea Selatan juga disebut telah melakukannya.

Kyuhyun Super Junior menjadi salah satu idol Kpop yang secara terbuka mengaku dirinya telah melakukan operasi kelopak mata ganda. Beberapa artis pun terbuka tentang hal ini, termasuk Min Hyo Rin, Park Hyo Shin, dan Goo Hara.

Terkait

Terkini