Kamis, 21 November 2019

Selain Teman Diet, Ini Manfaat Kacang Pistachio untuk Perawatan Kecantikan

Apa saja manfaat kacang pistachio untuk kecantikan?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kacang pistachio. (Pixabay/sunnysun0804)
Kacang pistachio. (Pixabay/sunnysun0804)

Dewiku.com - Harga kacang pistachio memang lebih mahal ketimbang kacang-kacang lainnya, termasuk almond. Namun, kacang ini punya rasa yang tidak kalah enak dan kaya manfaat.

Kacang pictachio termasuk jenis makanan rendah kalori dan lemak jenuh sehingga baik dijadikan pendukung diet. Tinggi protein dan lemak tak jenuh, kacang pistachio bisa dimanfaatkan untuk mendukung program menurunkan berat badan.

Nah, jenis kacang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan. Dilansir dari Goodhealthall, berikut beberapa di antaranya.

1. Mencegah penuaan dini

Kacang pistachio mengandung vitamin A, C, E, K, serta B kompleks. Vitamin C dan E sendiri dikenal kaya antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan sel akibat paparan sinar UV maupun polusi sebagai salah pemicu penuaan dini.

Minyak yang dikandung kacang pistachio juga memiliki sifat emolien yang membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Ilustrasi penuaan dini, keriput. (Shutterstock)
Ilustrasi penuaan dini, keriput. (Shutterstock)

2. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin dan mineral pada kacang pistachio juga baik untuk perawatan kecantikan kulit. Mengonsumsi jenis kacang yang kaya asam lemak esensial bakal membantu menjaga kesehatan kulit dan tetap bercahaya.

Kacang pistachio. (Pixabay/Ali Pixalli)
Kacang pistachio. (Pixabay/Ali Pixalli)

3. Menutrisi rambut

Kacang pistachio juga diketahui kaya beberapa jenis mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, besi, hingga magnesium. Hal itu membuatnya mampu memberikan nutrisi tidak hanya untuk kulit tetapi juga rambut.

Coba olah kacang pistachio menjadi pasta untuk dimanfaatkan sebagai masker rambut. Layaknya kulit yang dapat menjadi lebih halus dan lembap, rambut juga dapat menjadi lebih lembut dan berkilau.

Terkait

Terkini