Sabtu, 21 September 2019

5 Efek Buruk Waxing pada Kulit, Begini Cara Mengatasinya

Waxing sangat diminati karena membuat kulit terlihat lebih mulus.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Bille)
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Bille)

Dewiku.com - Demi mendapatkan kulit mulus, waxing dianggap sebagai salah satu cara yang paling praktis. Walau sering kali terasa menyakitkan, metode menghilangkan rambut atau bulu halus pada bagian tubuh tertentu ini masih menjadi yang paling digemari.

Walau begitu, waxing juga punya beberapa efek samping yang sering kali dinilai mengganggu. Bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari Healthline, berikut ulasannya.

1. Ingrown hairs

Ingrown hair merupakan rambut yang tumbuh masuk kembali ke dalam karena banyaknya sel kulit mati pada permukaan kulit yang menyumbat folikel rambut. Ingrown hair umumnya tumbuh setelah waxing karena folikel rambut yang rusak atau belum tercabut dengan sempurna.

Coba atasi masalah ini dengan mengoleskan pelembab yang terbuat dari oaltmeal dan mengoleskan tea tree oil pada area ingrown hair.

2. Kulit memerah dan meradang

Ini adalah hal wajar dan memang sering terjadi. Waxing memicu terjadinya peningkatan aliran darah sehingga membikin kulit memerah. Coba aplikasikan gel lidah buaya untuk membantu menenangkan kulit yang meradang.

5 Efek Buruk Waxing pada Kulit, Begini Cara Mengatasinya - 1
Waxing. (Shutterstock)

3.Rasa perih dan seperti terbakar

Kondisi ini dikarenakan proses penarikan bulu halus dan rambut pada kulit saat waxing. Menarik rambut hingga akar folikel membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga terasa perih.

Guna mengurangi rasa sakit, kamu dapat menggunakan body oil seperti minyak almond atau minyak kelapa.

4. Kulit berubah warna

Seperti shaving, waxing juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada warna kulit. Waxing memang rawan membuat kulit rusak dan memicu hiperpigmentasi. Sebagai langkah pencegahan, kamu tidak disarankan melakukan tanning alias berjemur di bawah terik matahari sebelumnya.

Minyak kelapa (Shutterstock)
Minyak kelapa (Shutterstock)

5. Timbul benjolan dan jerawat

Infeksi dan iritasi memang rawan terjadi karena bagian permukaan kulit paling atas menghilang pasca waxing. Sayangnya, ini dapat memicu masalah kulit lainnya, seperti timbulnya benjolan, jerawat, dan luka memar. Namun, kamu bisa mengompres bagian tubuh yang bermasalah dengan air dingin dan mengoleskan apel cider vinegar untuk mengatasinya.

Terkait

Terkini