Minggu, 25 Agustus 2019

Hanya Bikin Satu Shade, Beauty Vlogger Ini Dapat Kritikan Tajam

Beauty vlogger ini dituduh rasis.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Beauty vlogger, Summer Mckeen. (Instagram/@summermckeen)
Beauty vlogger, Summer Mckeen. (Instagram/@summermckeen)

Dewiku.com - Summer Mckeen merupakan seorang beauty vlogger dan YouTuber asal Amerika Serikat dengan lebih dari 2,3 juta subscriber. Belakangan ia menuai kontroversi setelah mengeluarkan produk makeup kolaborasinya dengan Nudestix.

Melansir dari Buzzfeed, rupanya ia mendapat kritik tajam dari warganet lantaran hanya menawarkan satu shade. Itu hanya cocok bagi pemilik kulit terang seperti Summer.

Komentar rasis pun dilayangkan padanya. Nudestix selaku beauty line yang bekerja sama dengan Summer sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen menyediakan beragam shade untuk warna kulit berbeda.

"Perlu digarisbawahi bahwa koleksi kolaborasi dengan Summer Mckeen hanya pilihan shade favorit Summer dan tekstur makeup secara personal," ungkap pihak Nudestix.

Produk makeup yang dikenalkan Summer Mckeen sendiri terdiri atas empat produk, yakni bronzer stick, blush stick, highlighter, dan lip balm. Rangkaian makeup ini dinamai Summer Proof dan dibanderol USD 69 atau sekitar Rp 980 ribuan.

Summer Mckeen. (Instagram/@summermckeen)
Summer Mckeen. (Instagram/@summermckeen)

Dalam sebuah video yang diunggah di akun YouTube miliknya, beberapa waktu lalu, Summer Mckeen akhirnya memberi penjelasan tentang produk makeup terkait/

Ia menyebut bahwa produk makeup ini bisa dipakai dengan berbagai kegunaan dan menghasilkan kesan tampilan natural. Namun warganet menjadi semakin kesal dengan bagaimana sang YouTuber menangani kritik

"Saya secara spesifik memilih setiap produk, termasuk details dan shade yang tersedia. Produk ini tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, kalian bisa langsung klik link yang ada di kolom keterangan dan langsung bawa pulang Summer proof," ujar Summer Mckeen.

Beauty vlogger, Summer Mckeen. (Instagram/@summermckeen)
Beauty vlogger, Summer Mckeen. (Instagram/@summermckeen)

Tak sedikit warganet berkomentar dengan nada keberatan. Beberapa di antaranya juga menyarankan Summer Mckeen berhenti menghapus komentar negatif, baik di YouTube maupun akun media sosial lain.

"Bisakah Anda berhenti menghapus komentar buruk di YouTube? Ini sangat mengecewakan seolah Anda tidak bisa menerima kritik dari orang lain," ungkap seorang warganet.

Terkait

Terkini