Selasa, 12 November 2019

Terjawab, Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Kuas Makeup?

Kuas makeup harus dirawat dengan benar.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Makeup. (Pexels)
Makeup. (Pexels)

Dewiku.com - Jika tidak dirawat dengan benar, kuas makeup dapat menyebabkan bakteri menumpuk. Akhirnya, jerawat pun bermunculan di kulit. Jadi, penting bagi kita untuk membersihkan kuas makeup secara teratur dan benar.

Lalu, seberapa sering kuas makeup atau makeup brush harus dibersihkan?

Melansir dari Metro, Patricia Boland, seorang ahli kecantikan dari Colorescience UK mengatakan, terdapat perbedaan antara membersihkan kuas dan mencucinya.

Membersihkan kuas biasanya berdurasi singkat, sedangkan mencuci kuas makeup lebih dari proses semalam. "Saya akan merekomendasikan membersihkan kuas Anda setiap dua atau tiga hari untuk menghindari makeup menumpuk dan residu warna lain bercampur ke dalam penampilan makeup Anda," kata Patricia.

"Sedangkan kuas yang digunakan pada wajah harus dicuci bersih seminggu sekali untuk menghindari penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan iritasi kulit. Eye brush harus dicuci dua minggu sekali sehingga aplikasi yang berantakan tidak terjadi," ujar dia kemudian.

Brush makeup. (Unsplash/Morgan McDonald)
Brush makeup. (Unsplash/Morgan McDonald)

Cara terbaik untuk membersihkan kuas adalah dengan sedikit membasahi bulu dengan air hangat, memeras kelebihannya, kemudian menerapkan pembersih kuas makeup yang tepat ke kepala sikat.

Jika tidak punya pembersih kuas profesional, dapat menggunakan sampo. Langkah berikutnya adalah menerapkan beberapa tetes minyak zaitun ke kepala kuas untuk melembabkan dan melindungi bulu.

Setelah itu, aduk perlahan ujung bulu di telapak tangan, peras kotoran dari sikat dan bilas dengan air. Alih-alih menggunakan hair dryer, keringkan makeup brush menggunakan handuk kertas.

Peralatan Make Up Juga Harus di Jaga ( Shutterstock )
Peralatan Make Up Juga Harus di Jaga ( Shutterstock )

Selain itu, jangan lupa pastikan makeup brush dikeringkan dengan kepala menghadap ke bawah. Hal itu untuk mencegah kelebihan air mengalir ke pegangan dan melonggarkan lem yang menyatukan sikat.

Patricia pun menjelaskan jika kuas makeup yang sama tak dapat dipakai bertahun-tahun lamanya. Kalau sudah terlihat ada tanda kerontokan, perubahan warna, bau atau kerusakan lainnya, itu berarti kuas makeup harus segera diganti.

Terkait

Terkini