Sabtu, 07 Desember 2019

Essential Oil Bisa Membantu Mengatasi Cystic Acne? Ini Jawabannya

Essential oil bekerja lebih lembut di kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi essential oil. (Pixabay)
Ilustrasi essential oil. (Pixabay)

Dewiku.com - Jerawat kistik atau cystic acne adalah jenis jerawat yang penanganannya membutuhkan lebih dari satu perawatan. Ia berada jauh di dalam kulit dan membutuhkan waktu cukup lama hingga akhirnya matang dan sembuh.

Selain mengaplikasikan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida maupun salicylic acid, essential oil disebut bisa membantu mengatasi jerawat kistik.

Seperti dilansir dari Byrdie, minyak esensial sering kali lebih lembut dibanding bahan kimia yang berisiko iritasi. "Banyak jenis jerawat dapat dikaitkan dengan stres dan ketidakseimbangan kadar hormon," ungkap Sara Panton, pendiri merek minyak esensial Vitruvi.

Ia mengungkapkan cara kerja minyak esensial untuk mengobati jerawat kistik sebagian besar berkaitan dengan hubungan antara pikiran dan tubuh. Minyak esensial secara efektif menciptakan lingkungan dan ritual yang dapat membantu mengurangi perasaan stres, sehingga membantu mengatur tidur dan kadar hormon.

Sara Panton menyebut 3 minyak esensial yang paling efektif untuk mengobati cystic acne, yakni Lavender, Tea Tree, dan Geranium.

JK7 Rejuvenating Serum-Lotion menggunakan berbagai minyak esensial premium / Instagram @jk7skincare
JK7 Rejuvenating Serum-Lotion menggunakan berbagai minyak esensial premium. (Instagram/@jk7skincare)

Minyak Lavender telah terbukti memiliki sifat obat penenang alami. Fungsinya membantu meningkatkan rutinitas tidur, termasuk dan memerangi insomnia dan kurang tidur, dua hal yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam kadar hormon.

Tea Tree dikemas dengan kemampuan penyembuhan dan pembersihan. Sangat cocok digunakan untuk penguapan wajah karena dapat menembus langsung ke pori-pori kulit untuk mengobati kemacetan dan bakteri secara mendalam.

Lavender oil. (Pixabay)
Lavender oil. (Pixabay)

Sedangkan minyak esensial Geranium lembut di kulit dan memiliki aroma indah yang telah dikenal dapat membantu menyeimbangkan hormon dan menghilangkan stres. Bagaimana? Tertarik menggunakan minyak esensial untuk mengatasi cystic acne?

Terkait

Terkini