Minggu, 08 Desember 2019

Revolusioner, Alibaba dan L'Oreal Membuat Aplikasi Pendeteksi Jerawat

Tidak perlu lagi ke dermatologis.

Vika Widiastuti | Yasinta Rahmawati
Effaclar Spotscan. (YouTube/ La Roche-Posay Singapore)
Effaclar Spotscan. (YouTube/ La Roche-Posay Singapore)

Dewiku.com - Bagi pemilik kulit berjerawat, kini tidak perlu bingung lagi untuk mengatasinya. Sebab Alibaba dan L'Oréal telah mengumumkan rencana untuk membawa aplikasi pendeteksi jerawat baru yang revolusioner.

Melansir dari Asia One, aplikasi ini bernama Effaclar Spotscan dari La Roche-Posay yang diresmikan awal tahun ini. Tujuan dari aplikasi ini adalah memberikan perawatan kulit karena banyak orang tidak memiliki akses ke layanan dermatologis profesional yang seringkali mahal.

Perusahaan induk La Roche-Posay, L'Oreal, memiliki ribuan gambar kulit yang terkena jerawat, yang digunakan untuk membuat model jaringan saraf untuk pengujian jerawat di laboratorium pembelajaran mesin Alibaba, DAMO Academy.

Effaclar Spotscan bekerja dengan cara mendeteksi lewat foto selfie. Pengguna rawan jerawat dapat memilih tiga swafoto (profil kiri, tengah, dan kanan) untuk membuat laporan pengujian khusus yang mencakup skor keparahan jerawat serta saran perawatan kulit.

Jika situasi jerawat sangat parah, aplikasi akan membantu menghubungkan ke konsultasi dermatologis. Aplikasi ini juga bisa mendeteksi komedo, pigmentasi, dan jerawat biasa.

Effaclar Spotscan. (YouTube/ La Roche-Posay Singapore)
Effaclar Spotscan. (YouTube/ La Roche-Posay Singapore)

Di Viva Technology Paris awal tahun ini, Wang Yeming dari Alibaba menyatakan ketersediaan Effaclar Spotscan yang lebih luas sebagai aplikasi yang lebih baik.

"Melalui teknologi AI, [konsumen] sekarang dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keadaan kulit mereka ... bahkan tanpa harus meninggalkan rumah mereka," jelasnya.

Aplikasi ini akan diluncurkan pada aplikasi Taobao dan Tmall pada Juni 2019.

Terkait

Terkini