Sabtu, 20 Juli 2019

Centella Asiatica, Harapan Solutif bagi Pemilik Kulit Acne Prone

Centella Asiatica juga dikenal sebagai daun pegagan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Banyak pemilik kulit acne prone kesusahan menemukan kandungan skincare yang tepat guna mengatasi jerawat membandel. Nah, barang kali Centella Asiatica bisa jadi salah satu solusinya.

Di Indonesia, Centella Asiatica biasa dikenal dengan nama daun pegagan atau gotu kola. Daun ini umumnya tumbuh liar di tepi sungai atau kebun.

Meski tumbuh liar, Centella Asiatica tergolong sebagai tanaman herbal yang menyimpan berbagai khasiat. Dari segi kesehatan, Centella Asiatica dipercaya baik untuk melancarkan peredaran darah, membantu menyembuhkan TBC, hingga meningkatkan kesehatan mental.

Centella Asiatica. (Pixabay)
Centella Asiatica. (Pixabay)

Dari segi kecantikan sendiri, Centella Asiatica dikenal sebagai salah satu kandungan alami yang efektif untuk mengatasi jerawat. Hal itu berkat senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Daun pegagan juga mengandung triterpenoid yang efektif mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat. Tak heran jika kini Centella Asiatica kerap ditemukan pada berbagai produk skincare.

llustrasi skincare krim perawatan dari dokter. (Pixabay/photosforyou)
llustrasi skincare. (Pixabay/photosforyou)

Jika digunakan secara rutin, produk skincare dengan kandungan Centella Asiatica tak hanya dapat mengurangi jerawat, tapi juga memudarkan noda bekas jerawat yang mengganggu, lho.

Terkait

Terkini