Sabtu, 20 Juli 2019

Punya Kulit Acne-Prone? Ini Alasan Harus Hindari Produk Berbahan Silikon

Nggak mau kan kulit wajah jerawatnya semakin parah?

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)

Dewiku.com - Mempunyai kulit berjenis acne-prone memang sedikit susah-susah gampang dalam merawatnya. Salah satunya adalah harus memperhatikan produk yang berbahan silikon. Kira-kira kenapa ya?

Kandungan silikon di dalam sebuah produk kecantikan biasanya berfungsi untuk membuat tampilan wajah tampak lebih flawless dan halus, serta dapat menyamarkan tampilan pori-pori.

Selain itu, produk makeup yang menggunakan silikon adalah makeup yang menawarkan klaim waterproof. Sebab fungsi lain dari silikon adalah dapat membuat warna tahan lama dan tidak luntur saat terkena air.

Namun, di samping berbagai fungsinya yang mampu membuat penampilan terlihat maksimal, silikon adalah salah satu kandungan yang perlu dihindari atau digunakan seminimal mungkin.

Khususnya bagi kamu yang memiliki jenis kulit acne-prone. Kira-kira apa ya alasan hindari produk berbahan silikon untuk kulit berjenis acne-prone?

1. Menyumbat pori-pori

Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)
Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)

Silikon menciptakan sebuah lapisan pada kulit yang dapat mengunci kelembapan kulit serta mengisi pori-pori. Namun, silikon juga bisa membuat kotoran, bakeri, sebum, dan sel kulit mati turut terperangkap serta menyumbat pori-pori. Kondisi inilah yang seringkali memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

2. Salah satu penyebab jerawat

Makeup berjenis waterproof umumnya menggunakan silikon sebagai salah satu bahan utama. Jika menggunakan makeup waterproof lebih dari 8 jam, secara tidak langsung membuat minyak dan kotoran terkunci di dalam pori-pori dalam waktu yang lama.

Kondisi tersebutlah yang membuat pori-pori tersumbat yang kemudian memicu timbulnya jerawat atau breakout. Inilah alasan silikon menjadi bahan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit rentan berjerawat.

3. Kulit bisa jadi kusam dan dehidrasi

Face mist untuk menjaga kesegaran wajah. (Shutterstock)
Face mist untuk menjaga kesegaran wajah. (Shutterstock)

Menumpuknya kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori karena terlalu sering menggunakan makeup dengan kandungan silikon dapat membuat kulit wajah menjadi tampak kusam. Selain itu, kadar kelembapan alami kulit menjadi tidak seimbang. Ini akan membuat kulit menjadi sangat kering atau dehidrasi.

4. Menghambat regenerasi sel kulit

Last but not least, salah satu alasan untuk menghindari produk kecantikan berbahan silikon adalah karena bisa menghambat regenerasi sel kulit. Penggunaan makeup dengan kandungan silikon akan menahan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di permukaan kulit.

Sehingga bagi pemilik kulit yang rentan berjerawat, penggunaan makeup dengan kandungan silikon dapat memicu munculnya hiperpigmentasi. Kulit akan kemerahan, bekas jerawat akan sulit hilang, dan munculnya tanda-tanda penuaan.

Terkait

Terkini