Senin, 03 Agustus 2020

Seperti Sinar Matahari, Memasak Juga Bisa Membahayakan Kesehatan Kulit

Kulit harus tetap dilindungi meski hanya memasak di rumah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Memasak bersama pasangan. (Unsplash/Le Creuset)
Memasak bersama pasangan. (Unsplash/Le Creuset)

Dewiku.com - Ada yang hobi memasak? Apakah kamu sadar jika memasak bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan kulit seperti halnya sinar matahari.

Seperti yang kita tahun, sinar matahari, meski sebenarnya bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin D untuk tulang yang lebih kuat, juga memiliki UVA dan UVB yang dapat berbahaya bagi kulit.

Keduanya dapat menyebabkan keriput, kekeringan, pigmentasi hingga dalam jangka panjang bisa menjadi penyebab kanker kulit. Inilah mengapa kita harus memakai tabir surya setiap hari dan secara berulang.  

Mengutip Fustany, walay kita semua sudah paham mengenai hal di atas, ternyata efek buruk yang sama pada kulit juga bisa didapatkan ketika kita memasak. Itulah sebabnya, banyak dermatologis juga menyarankan untuk memakai tabir surya saat memasak.

Ilustrasi memasak. (Unsplash/Le Creuset)
Ilustrasi memasak. (Unsplash/Le Creuset)

Memasak memang sebagian besar merupakan proses di dalam ruangan. Walau demikian, tetap saja Anda menghabiskan banyak waktu terpapar api atau panas dari oven.  

Gas yang digunakan saat memasak juga melepaskan panas dan cahaya, dan menurut dokter kulit, ini masih bisa berbahaya bagi kulit kita seperti sinar matahari.

Beberapa orang, lebih dari yang lain, menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk memasak. Mereka mestinya juga tertib memakai tabir surya yang tidak kurang dari SPF 30.

Pastikan untuk menerapkan tabir surya pada wajah, kedua tangan, dan area terbuka lainnya. Ini akan melindungi kulit dari kerusakan dan juga menjadi kusam atau kering.  

Setelah selesai, pastikan untuk melembabkan kulit dengan minum air putih yang cukup juga untuk mengganti hidrasi yang hilang saat memasak. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini