Senin, 20 Mei 2019

Tetap Segar saat Ramadan, Simak Tips Merawat Rambut Berikut

Walau sedang menjalankan ibadah puasa, merawat rambut juga tetap penting.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Perawatan rambut di salon. (Shutterstock)
Perawatan rambut di salon. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selama menahan lapar dan haus, umumnya orang mengalami beberapa hal di tubuhnya, termasuk kulit kering di bagian kepala. Itulah mengapa rutinitas merawat rambut juga tidak boleh diabaikan.

Disampaikan dr. Gloria Novelita SpKK dari Dokter Kulit dari Skin&Co Skincare Laser Clinic, perawatan rambut selama berpuasa sebenarnya tak ada bedanya dengan langkah yang diterapkan sehari-hari. Hanya saja agar rambut tetap segar selama berpuasa, pilihlah produk perawatan rambut yang memiliki kandungan mint.

''Sebenarnya sih kalau untuk kepala kering sih enggak ada yang beda tapi bergantung pada aktivitas. Memang banyak aktivitas yang menyebabkan kulit kepala berkeringat. Jadi lebih tidak nyaman, kan? Untuk membantu terasa lebih nyaman, boleh dipilih sampo tak lepek yang misalnya mengandung mint sehingga rasanya akan lebih segar,'' ungkap dr. Gloria, Senin (22/4/2019) kemarin, seperti dikutip dari Suara.com.

Perawatan rambut. (Shutterstock)
Perawatan rambut. (Shutterstock)

Ia menambahkan, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Saat sahur dan berbuka, konsumsilah makanan yang seimbang. Nutrisi yang dibutuhkan rambut adalah protein karena menjadi makanan utama dari keratin yang mengisi korteks batang rambut. Selain itu dibutuhkan juga asupan yang mengandung vitamin A, B, C, E dan mikronutrien.

Gloria pun mengingatkan pentingnya memilih sampo yang tepat sesuai kebutuhan merawat rambut. Jika tipe kulitmu sering berkeringat, pilihlah sampo yang mengandung zinc. Kamu yang memiliki rambut diwarnai, sebaiknya hindari sampo yang mengandung deterjen atau SLS (sodium lauryl sulfate) karena dapat membuat warnanya memudar.

''Seberapa sering keramas, kembali lagi bergantung bukan dari panjang rambut, tapi balik lagi kondisi kulit kepala. Jadi kalau kulit kepalanya kering-kering saja, boleh deh 2-3 kali seminggu. Tapi kalau kulit kepalanya sering berketombe, usahakan setiap hari,'' ujarnya.

Selain sampo, gunakan juga kondisioner. Manfaatnya adalah melembutkan dan melindungi, terutama bagian ujung-ujung rambut yang paling pertama tumbuh.

''Kalau kita banyak melakukan styling, maka bantulah dengan perawatan haircare, dengan haircare vitamin, masker. Jadi supaya prosesnya lebih komprehensif. Harusnya sih kalau kita lakukan, rambutnya selalu sehat,'' kata dia. (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini