Rabu, 20 November 2019

Waduh, Kakek Ini Ngaku Tidak Potong Rambut Lebih dari 54 Tahun

Kalau sampai selama itu tidak potong rambut, bentuknya jadi gimana?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi seorang kakek. (Unsplash/Manos Stamatakis)
Ilustrasi seorang kakek. (Unsplash/Manos Stamatakis)

Dewiku.com - Pengguna media sosial di China dibikin heboh oleh seorang kakek 77 tahun yang mengaku tak pernah potong rambut selama 54 tahun. 

Lelaki asal Leshan, Provinsi Sichuan, di Tiongkok Barat Daya tersebut mendapat dukungan dari masyarakat untuk mendaftarkan dirinya dalam rekor dunia Guinness Record sebagai lelaki yang mempunyai rambut terpanjang dengan klaim mencapai 5,5 meter. Hasil yang cukup masuk akal karena tidak potong rambut selama 54 tahun.

Dalam sebuah video, kakek bernama Ake Yizheng tersebut memang terlihat memiliki rambut yang sangat panjang. Saking panjangnya, rambut Ake sudah menggimbal dan selalu ia lilit ke atas seperti turban.

Saat disinggung mengenai urusan cuci rambut, aktivitas sederhana tersebut bisa jadi luar biasa rumit. Bayangkan saja, ia mesti dibantu dua sampai tiga orang untuk membersihkan rambut secara perlahan di wastafel dan mengeringkannya. Semuanya total butuh waktu sampai tiga jam.

Rambut gimbal. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Rambut gimbal. (Unsplash/Humphrey Muleba)

Cerita tentang kebiasaan Kakek Ake dibagikan oleh anak perempuannya. Telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali, video terkait telah menjadi viral hanya dalam beberapa hari saja.

''Itu normal baginya. Dia terbiasa dengan rambutnya yang panjang dan dia merasa nyaman. Dia pergi ke salon untuk mencuci dan merapikan rambutnya setidaknya dua kali sebulan. Butuh dua hingga tiga orang dan total tiga jam untuk menyelesaikan pekerjaan,'' ujar kerabat Kakek Ake, seperti dilansir dari Oddity Central.

Ilustrasi salon. (Unsplash/Guilherme Petri)
Ilustrasi salon. (Unsplash/Guilherme Petri)

Pernah suatu hari, tepatnya akhir tahun 1970, seseorang mengatakan akan membayar sekitar 3.800 yuan untuk rambutnya. Namun, Ake menolak.

Ake tetap mantap tidak potong rambut. Dia percaya dengan membiarkan rambutnya panjang, kesehatannya dan keluarga akan dijamin oleh Yang Maha Kuasa. Jadi dia menolak potong rambut karena merasa kesehatan keluarganya lebih penting daripada uang. (Suara.com/Risna Halidi)

Terkait

Terkini