Kamis, 25 April 2019

Kata Dermatologi, Ini Rutinitas Skincare Ideal untuk Kulit Berminyak

Pemilik kulit berminyak, mari merapat.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

Dewiku.com - Kulit berminyak dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, pola makan, stres, dan iklim. Tapi pada intinya, kulit berminyak adalah hasil dari peningkatan produksi sebum, yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar.

Meski begitu, kita dapat membuat kulit tidak terlalu mengkilap dengan menggunakan produk yang tepat. Dilansir dari Byrdie, berikut rutinitas skincare ideal untuk kulit berminyak menurut dermatologi.

Untuk mengetahui resep yang ideal untuk kulit berminyak, kami mengetuk dermatologis terkemuka Patricia Wexler, MD dan Francesca Fusco, MD dari Wexler Dermatology , dan ahli bedah plastik bersertifikat papan Joseph Cruise, MD dari Cruise Plastic Surgery.

Ilustrasi wajah berminyak. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah berminyak. (Shutterstock)

 

1. Pembersih
Menemukan pembersih wajah yang tepat adalah prioritas. Untuk pembersih, ahli bedah plastik Joseph Cruise dari Cruise Plastic Surgery menyarankan facial cleanser dengan asam salisilat untuk dosis rendah untuk mengobati jerawat tanpa mengiritasi kulit. Ini juga bisa membersihkan noda tanpa overdrying, membuat kulit terasa lembut dan halus.

2. Pelembap
Kesalahpahaman umum dengan kulit berminyak adalah bahwa pelembap tidak diperlukan. "Dengan tidak menggunakan pelembap yang cukup, Anda membuat kulit terlalu kompensasi dan menghasilkan lebih banyak minyak," kata Joseph.

Ia mengatakan untuk mencari bahan-bahan yang termasuk gliserin dan asam hialuronat untuk menghidrasi kulit dan niacinamide untuk membantu meratakan warna kulit. Tentu saja, pilih yang berlabel non comedogenic ya.

Ilustrasi pelembap. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Ilustrasi pelembap. (Unsplash/Humphrey Muleba)


3. Eksfoliasi
Dermatologi menyarankan untuk mencari eksfoliator yang mengandung asam glikolat. "Asam glikolat bermanfaat untuk lotion, kulit, dan krim untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan berjerawat," kata Patricia Wexler dari Wexler Dermatology.

4. Sunscreen
Penggunaan sunscreen adalah wajib. Sebab ia melindungi dari kerusakan sinar UVA dan UVB. Sebaiknya pilih yang tidak akan menyumbat pori-pori, hypoallergenic dan bebas dari minyak, aroma, serta paraben.

5. Retinol
Retinol merupakan pahlawan untuk jenis kulit berminyak. Ia membantu "menebalkan" kulit untuk mengurangi tampilan keriput dan membuat keseluruhan kulit lebih halus. "Solusi [untuk kulit berminyak] adalah produk yang mampu mengeksfoliasi, meningkatkan pergantian sel, dan mencabut pori-pori," jelas Patricia.

"Retinol mengurangi sebum, meningkatkan pergantian sel, dan memperbaiki pigmentasi. Mereka juga mencegah jerawat," tambahnya.

Terkait

Terkini