Minggu, 24 Februari 2019

Bukan Masker, Bawang Putih Ampuh Usir Jerawat dengan Cara Ini

Masker bawang putih, yakin?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Bawang putih memang punya kandungan yang ampuh untuk usir jerawat. Hanya saja, cara pakainya bukan dalam bentuk masker lho, Girls. Sedikit berbeda dengan bahan alami lain yang bisa digunakan dalam bentuk masker, bawang putih terlalu beresiko jika diaplikasikan seperti itu.

Jika kamu tertarik menggunakan bawang putih untuk mengusir jerawat, maka simak baik-baik cara di bawah ini. Jauhkan kata masker dalam kamusmu, ya. Itu terlalu berbahaya.

Campur susu

Cara aman untuk mengusir jerawat adalah mencampur bawang putih yang sudah dihancurkan dengan segelas susu lalu diminum.

Pengobatan dari dalam ini dianggap jauh lebih aman daripada menggunakannya dengan cara langsung, apalagi dibuat masker wajah.

Namun jika kamu nggak kuat dengan aroma menyengat bawang putih, gunakan cara lain yang lebih efektif seperti yang dilakukan beauty vlogger asal Kanada, Farah Dhukai.

Air susu. (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi susu. (Pixabay/Couleur)

 

Potong dan oles

Farah Dhukai dalam salah satu vlognya pernah memberi contoh mengusir jerawat dengan bawang putih. Caranya, kamu cukup ambil satu siung bawang putih dan potong.

Setelah itu, oles cairan yang keluar dari potongan bawang putih pada wajah yang berjerawat dan biarkan semalaman. Jerawat akan menghilang keesokan harinya.

 

Bawang putih. (Unsplash/Sebastian March)
Bawang putih. (Unsplash/Sebastian March)

 

Kok, bisa?

Dilansir dari berbagai sumber, bawang putih memang memiliki beberapa kandungan antioksidan dan sifat antiradang yang bernama allicin.

Kandungan allicin inilah yang bertugas untuk membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh, termasuk pada jerawat.

Penting untuk diketahui, bawang putih memiliki banyak kandungan aktif yang justru menjadikan kulitmu seperti terbakar jika dioleskan secara langsung dan berlebihan.

Bahkan untuk orang yang tidak memiliki kulit sensitif sekalipun cara itu masih menimbulkan resiko.

Marie Leger, seorang dokter kulit di New York City, mengatakan jika menggunakan bawang putih sebagai masker wajah hanya akan membuat kita panen jerawat lebih banyak karena mengakibatkan dermatitis kontak.

Bawang putih. (Unsplash/Artem Bali)
Bawang putih. (Unsplash/Artem Bali)

 

Lalu bagaimana?

Kamu bisa menguji kecocokan dengan kulit terlebih dahulu, yakni dengan cara mengoleskan getah bawang putih di area kulit lainnya seperti belakang kuping.

Jika kulit bereaksi dan gatal maka kulitmu tidak siap menerima paparan bawang putih secara langsung.

Terkait

Terkini