Sabtu, 26 September 2020

Bahaya, Jangan Mencukur Bulu Kaki sebelum Pedikur

Ini kata ahli.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Juja Han)
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Juja Han)

Dewiku.com - Siapa nih yang suka memanjakan diri dengan melakukan manikur serta pedikur di salon? Biasanya, agar lebih nyaman sebelum pedikur, banyak yang memilih untuk mencukur bulu kaki lebih dulu. Tapi rupanya hal itu tidak disarankan, lho.

Dilansir dari InStyle, melakukan pencukuran atau wax bulu kaki sebelum pedikur bisa membuat kita terkenan infeksi yang buruk.

Hal tersebut diungkapkan oleh dermatolog yang berbasis di Georgia dan American Academy of Dermatology Fellow, Dr. Lauren Ploch.

''Mencukur kaki dapat menyebabkan microfissures (seperti torehan kecil) di kulit, meningkatkan risiko infeksi setelah pedikur,'' jelasnya.

Ketika kita melakukan pedikur dengan kulit kaki sensitif sehabis bercukur, kemungkinan terjadinya kontaminasi bakteri tentu akan lebih besar.

Ilustrasi kaki. (Unsplash/Bille)
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Bille)

Sebab bakteri, jamur, atau virus bersembunyi di dalam bak pedikur yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menempel dan mengakibatkan infeksi.

Salon kecantikan memang diharuskan untuk melakukan ssterilisasi alat-alat hingga ke wadah perendam kaki demi kesehatan pengunjung. Namun masih ada kemungkinan bakteri yang tertinggal.

''Baskom mungkin terlihat sangat bersih, tetapi mungkin mengandung bakteri, jamur, dan virus,'' ungkapnya.

Skenario terburuk bisa terjadi seperti berakhir dengan infeksi bakteri yang disebabkan oleh staphylococcus aureus. Jika itu tidak segera diobati dengan antibiotik, bakal menembus jauh ke dalam kulit dan menemukan jalannya ke dalam aliran darah.

Ilustrasi pedikur di salon. (Pixabay)
Ilustrasi pedikur di salon. (Pixabay)

Agar lebih aman, Lauren Ploch dan American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk memberi waktu antara mencukur bulu kaki dan pedikur.

''Saya merekomendasikan menunggu sampai kulitnya benar-benar sembuh (satu sampai dua minggu) atau melakukan pedikur di rumah,'' tambahnya.

Terkait

Terkini