Selasa, 29 September 2020

Jangan Asal, Ini Urutan Membersihkan Makeup Tebal yang Benar

Dengan urutan yang benar, wajahmu bisa bersih secara tuntas.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi membersihkan makeup tebal. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan makeup tebal. (Shutterstock)

Dewiku.com - Membersihkan makeup tebal menjadi perkara yang susah-susah gampang. Sekilas, rutinitas ini memang terlihat mudah. Namun jika tidak dibersihkan secara tuntas, sisa makeup akan tertinggal di wajah dan lama-kelamaan menumpuk jadi jerawat.

Nggak mau jerawatan, kan? Yuk, simak urutan membersihkan makeup tebal yang benar berikut ini.

Makeup remover

Pertama-tama, kamu harus memastikan wajahmu bebas dari riasan dengan bantuan makeup remover. Gunakan makeup remover secara merata dan perlahan. Pastikan setiap bagian wajah terhapus dari makeup yang tebal. Ulangi pemakaian makeup remover jika perlu.

Ilustrasi sedang bercermin. (Unsplash)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Unsplash)

Uapkan wajah pada air panas

Setelah menggunakan makeup remover, proses membersihkan makeup selanjutnya adalah menguapkan wajah pada sebaskom air yang sudah diisi dengan air panas. Langkah ini sangat berguna untuk melebarkan pori-pori kulit. Jika pori-pori terbuka, proses selanjutnya jadi lebih mudah.

Caranya, dekatkan wajahmu di atas permukaan baskom yang sudah diisi air panas, kemudian rasakan uap panasnya ketika menyentuh permukaan kulit. Jika sudah terasa agak hangat dan pori-pori seperti melebar, itu artinya wajahmu siap dibersihkan dengan tahap berikutnya.

Ilustrasi sebaskom air panas untuk wajah. (Pexels)
Ilustrasi sebaskom air panas untuk wajah. (Pexels)

Cuci dengan facial foam

Setelah diuapkan, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan foam pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan kamu membilas wajah dengan air dingin, ya. Ini berfungsi menutup kembali pori-pori kulit yang tadi terbuka karena uap panas.

Tahapan ini sering dianggap sebagai langkah terakhir dalam membersihkan makeup tebal. Padahal ada bagian wajah yang belum tuntas lho, seperti kelopak mata. Oleh karena itu, kamu harus lanjut membersihkannya dengan langkah terakhir.

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)

Micellar water

Bagian wajah seperti kelopak mata agak sulit dijangkau cuci muka. Itulah sebabnya kamu membutuhkan micellar water. Gunakan juga pada seluruh wajah agar hasilnya bersih tuntas tanpa ada sisa makeup.

Kamu tidak perlu membilasnya lagi dengan air karena micellar water sudah diformulasikan khusus dengan kandungan pelembap dari bahan alami, sehingga aman digunakan tanpa dibilas.

Itulah tadi tahapan membersihkan makeup tebal. Selamat mencoba!

Terkait

Terkini