Sabtu, 21 September 2019

Rahasia di Balik Kesuksesan Kosmetik Korea, Kamu Wajib Tahu

Plus alasan kamu sulit pindah ke lain hati.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Ilustrasi kosmetik Korea. (Instagram/@innisfreeofficial)
Ilustrasi kosmetik Korea. (Instagram/@innisfreeofficial)

Dewiku.com - Buat para skincare enthusiast, brand-brand kosmetik seperti Innisfree, Laneige dan COSRX pasti sudah sangat familiar di telinga. Ya, kan? Brand kosmetik asal Korea tersebut memang sedang naik daun dan digemari oleh banyak orang. Jadi, sebenarnya apa kerennya kosmetik korea?

Bukan cuma harga yang masih relatif terjangkau saja, lho. Berikut rahasia lain di balik kepopuleran kosmetik Korea yang perlu kamu tahu.

Perhatian penuh pemerintah

Apakah kalian sadar, dibanding kosmetik impor lainnya, harga kosmetik Korea jauh lebih terjangkau? Kenapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya cuma satu, yaitu perhatian penuh dari pemerintah Korea.

Seperti musik dan drama Korea yang lebih dulu sukses di pasaran, pemerintah Negeri Gingseng itu terus mengembangkan potensi industri kreatif yang dimiliki. Kali ini mereka memberi perhatian pada industri kosmetik dengan cara membebaskan produk terkait dari pajak.

Jika produk kosmetik sudah siap dipasarkan di luar negeri, para pelaku bisnis tidak perlu dibebani dengan aturan pajak yang mencekik leher. Dengan begitu, pasar luar negeri pun terbuka dengan lebih lebar.

Itulah sebabnya harga jual kosmetik Korea di Indonesia jadi lebih murah dibandingkan brand dari negara lain.

Ilustrasi kosmetik Korea. (Instagram/@innisfreeofficial)
Ilustrasi kosmetik Korea. (Instagram/@innisfreeofficial)

Kreatif adalah kunci

Selain harga yang murah, masih ada beberapa alasan lain yang bikin kalian sulit pindah ke lain hati, yaitu hadirnya tokoh idola sebagai brand ambassador. Sebut saja aktris cantik Song Hye Kyo untuk Sulwhasoo dan idol group EXO untuk Nature Republic.

Kemasan produk kosmetik biasanya juga sangat lucu dan menarik. Belum lagi soal penggunaan bahan-bahan yang tergolong unik. Pasti bikin kamu penasaran dan gemas untuk memborong kosmetik Korea. Ya, kan?

Dalam hitungan menit, sleeping mask bergambar siput imut mungkin sudah berpindah tangan jadi milik kamu. Atau, kamu merasa akan semangat menggunakan hand cream dari Nature Republic karena ada wajah tampan member EXO di kemasannya.

Rupanya hal inilah yang jeli dibaca oleh tim pemasaran produk kosmetik di Korea Selatan.

Ilustrasi kosmetik Korea. (Instagram/naturerepublic_kr)
Ilustrasi kosmetik Korea. (Instagram/naturerepublic_kr)

Dengan pengalaman bertahun-tahun memasarkan produk industri kreatif, mereka jadi hapal cara cepat mengambil hati masyarakat. Misalnya, membangun chemistry antara penggemar dan artis idola melalui produk yang ingin dipasarkan.

Coba bayangkan, saat kamu pakai sleeping mask dari lendir siput di malam hari, bisa saja di belahan dunia lainnya, Chanyeol EXO lagi pakai skincare yang sama juga.

Hmm, pantesan bikin ketagihan. Selain fungsi dan manfaat dari produk itu sendiri, ternyata pesona Chanyeol lah yang bikin skincare Korea terasa berbeda. 

Terkait

Terkini