Selasa, 25 Februari 2020

Perlu Dicoba, Tips Menghindari Selangkangan Hitam

Hal-hal sepele ini ternyata bisa bikin selangkangan tambah hitam.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Miss V. (Pinterest)
Miss V. (Pinterest)

Dewiku.com - Menghitamnya kulit di sekitar organ intim atau selangkangan pada sebagian besar kasus merupakan hal yang normal. Perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, seperti usia, sel kulit mati yang menumpuk, iritasi, obesitas dan lain sebagainya.

Meski berada di area yang tertutup, tentu memiliki selangkangan yang hitam sangat mengganggu oleh sebagian besar cewek. Terus apa sih yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya? Yuk simak ulasan DewiKu di bawah ini.

1. Gunakan celana dalam berbahan katun dan nggak terlalu ketat

Bukan karena jarang dibersihkan, area lipatan kulit memang cenderung lebih hitam, terlebih selangkangan. Gesekan antara kain dari celana dalam yang sering dipakai bisa menyebabkannya menghitam. Selain itu dianjurkan untuk memakai bahan katun agar keringat terserap. Karena keringat yang nggak terserap akan mengendap dan menumpuk menjadi sel kuit mati. Jadinya hitam deh.

miss V/pinterest.com
miss V/pinterest.com

2. Jangan memakai bedak tabur di area selangkangan

Memang memakai bedak tabur bakal membuat area selangkangan nggak terasa lembap. Tapi alih-alih menjaganya tetap kering, bedak tabur justru jadi sumber kotoran baru yang menambah penumpukan sel kulit mati.

3. Jaga berat badan

Orang yang obesitas cenderung memiliki area lipatan kulit yang lebih gelap. Hal ini terjadi karena nggak ada celah antara paha sehingga keduanya sering bergesekan. Dan ketika paha saling bergesekan satu dengan lainnya bisa memicu perubahan warna dan rasa gatal pada kulit. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjaga pola makan dan berat badan agar tetap ideal.

Ilustrasi vitamin C
Ilustrasi vitamin C

4. Penuhi kebutuhan vitamin C

Jangan cuma menggosoknya dengan scrub, rawat juga dari dalam. Makanan terbaik untk menjaga kesehatan kulit adalah vitamin C karena kandungan asam sitrat di dalamnya dapat mencerahkan kulit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu bisa meminum perasan air jeruk lemon atau air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat.

Terkait

Terkini