Selasa, 18 Juni 2019

Ini yang Terjadi jika Sunscreen Kedaluwarsa

Jangan hanya memperhatikan wajah kamu, perhatikan juga produk yang dipakai.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Ilustrasi wajah. (Pinterest)
Ilustrasi wajah. (Pinterest)

Dewiku.com - Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang nggak boleh terlewatkan. Kegunaan utama sunscreen adalah melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Tapi gimana ya kalau sun screen ternyata sudah kedaluwarsa?

Gimana sih cara kita tahu jika sunscreen sudah kedaluwarsa? Apakah mengalami perubahan tekstur?

ilustrasi sunscreen/pinterest.com
iIlustrasi sun screen (Pinterest)

Ada baiknya jika kita mengetahui batas kedaluwarsa produk dengan dengan melihat tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kotak sunscreen. Sangat penting untuk mengetahui tentang hal ini karena bahan kimia di dalamnya akan menurunkan bahkan menghilangkan efek pelindungnya jika sudah jatuh tempo.

Lalu bagaimana kalau kita lupa tanggal dan tahun berapa sun screen tersebut kedaluwarsa? Atau, bisa juga keterangan yang tertera pada kemasan sudah memudar dan tidak terbaca.

Menurut seorang ahli kecantikan, biasanya sunscreen bertahan setidaknya satu tahun dari awal penggunaan.

ilustrasi wajah/pinterest.com
Ilustrasi wajah. (Pinterest)

Selain itu saat sunscreen telah kedaluwarsa, bisa terlihat dari aroma dan teksturnya. Teksturnya akan mulai berpisah atau tidak menyatu dengan alami. Kemudian jika aromanya sudah terasa berbeda dari biasanya, lebih baik kamu langsung membuangnya.

Dampak yang terjadi apabila kamu memakai sunscreen yang sudah kedaluwarsa adalah akan timbul ruam pada wajah dan merasakan seolah kulit terbakar.

ilustrasi sunscreen/pinterest.com
Ilustrasi sunscreen. (Pinterest)

Sunscreen juga bisa kedaluwarsa lebih cepat karena kelalaian kita. Mungkin secara tidak sadar kita sering menaruh sunscreen di tempat yang selalu terkena sinar matahari langsung, misalnya. Hal itu akan membuat degradasi formula dan membuat produk jadi nggak berguna.

So, jangan terlalu menyimpan terlalu lama produk sunscreen, karena bisa berakibat berbahaya untuk kulit wajah kamu.

Terkait

Terkini