Senin, 24 Februari 2020

5 Kesalahan Umum dalam Menggunakan Sunscreen

Kesalahan apa yang paling sering kamu lakukan saat menggunakan sunscreen?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Apply sunscreen. (Pinterest)
Apply sunscreen. (Pinterest)

Dewiku.com - Kamu pasti sudah tahu pentingnya memakai sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan kan? Namun, apakah selama ini kamu sudah benar dalam menggunakannya? Yuk simak 5 kesalahan umum dalam menggunakan sunscreen berikut ini. Siapa tahu kamu tanpa sadar kamu sering melakukannya.

1. Terlalu sedikit mengoleskan sunscreen

Jangan kelewat irit. Pastikan sudah mengoleskan sunscreen secara merata dan cukup di bagian kulit yang bakal terpapar sinar matahari. Bukan cuma wajah saja, tetapi juga leher, tangan, lengan, dan kaki.

2. Nggak re-apply

Ini adalah kesalahan paling umum. Banyak yang mengira cukup mengoleskan sunscreen sekali saja sebelum ke luar ruangan. Kenyatannya, kamu perlu mengulang penggunaan tabir surya setiap 2-3 jam sekali, terlebih saat berenang dan berkeringat.

ilustrasi sunscreen/pinterest.com
ilustrasi sunscreen/pinterest.com

3. Menggunakan SPF rendah

Pastikan untuk memakai SPF 30 atau lebih yang tahan keringat dan anti air. Jika SPF-nya lebih rendah, kamu harus lebih sering mengoleskan sunscreen.

4. Hanya memakai saat matahari terik

Hanya karena cuacanya mendung atau sinar matahari nggak seterik biasanya, bukan berarti kamu bisa melewatkan sunscreen. Kamu tetap harus mengoleskan sunscreen setiap kali hendak beraktivitas di luar ruangan. Namanya cuma juga perlindungan maksimal.

ilustrasi sunscreen/pinterest.com
ilustrasi sunscreen/pinterest.com

5. Menghitung total nilai SPF

Banyak yang berpikir ketika menambahkan sunscreen kembali bakal menambah nilai SPF. Misalnya, ketika sudah menggunakan sunscreen dengan SPF 15 kemudian re-apply dengan sunscreen SPF 10 maka akan mendapatkan SPF 25. Hal itu salah, karena kamu tetap akan mendapatkan perlindungan dari SPF 15 saja.

Terkait

Terkini